Menu Close

Pintu Lipat Kaca

Partisi Pintu Lipat

Pintu lipat kaca merupakan satu diantara beberapa jenis pintu yang dipasang di rumah. Kita tahu bahwa pintu adalah salah satu bagian terpenting dalam rumah karena merupakan akses keluar masuk. Terkadang orang melihat dan menilai apakah rumah tersebut bagus atau tidak dengan melihat seperti apa desain pintunya. Namun memang untuk memasang pintu bukan hanya melihat dari desainnya saja melainkan juga harus menyesuaikan dengan fungsi dari pintu tersebut.

Salah satu pintu yang sekarang banyak kita jumpai adalah pintu kaca lipat. Sesuai namanya, terdapat kaca pada pintu lipat tersebut yang mana pada umumnya pintu lipat tidak memiliki kaca. Akan tetapi, hal inilah yang memberikan nilai keunikan tersendiri dan bahkan bisa membuat tampilan rumah, khusunsnya indoor semakin lebih mengagumkan.

Pemakaian Pintu Lipat Kaca pada Rumah / Bangunan

Sebenarnya, pemakaian pintu folding kaca yang paling umum baik digunakan untuk keperluan rumah maupun bangunan adalah sebagai sekat atau pemisah. Ruangan yang ada di dalam rumah atau bangunan seperti ruko atau perusahaan yang memiliki ukuran cukup besar biasanya memerlukan sekat.
 
Jadi, daripada harus membangun sekat permanen yang mana kurang fleksibel karena kita tidak bisa mengaturnya sewaktu-waktu, maka lebih baik memasang pintu kaca lipat. Kita bisa memilih ingin memasang pintu folding kaca dengan model atau motif seperti apa. Ada banyak motif pintu folding kaca yang bisa kita pilih dan tentunya sebelum memilih harus kita sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan rumah.
 

Yang terpenting, pilhlah pintu kaca folding yang paling nyaman dan akan memberikan kemudahan ketika hendak memberikan pemisah antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Ketika nanti, kita ingin menggabungkan beberapa ruangan tersebut, maka kita cukup menggulung atau menutup pintu lipat tersebut.

Jenis Material yang Dipakai Untuk Pintu Lipat Kaca

Beberapa jenis material yang dipakai untuk pintu lipat akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Aluminium
Bahan pertama pintu lipat Aluminium adalah aluminium. bahan yang satu ini merupakan salah satu pengganti kayu dan sekarang sudah banyak digunakan bukan hanya untuk pintu melainkan bagian-bagian rumah yang lainnya. Memang bahan aluminium merupakan bahan yang ringan. Akan tetapi, kita tidak boleh meremehkan kekuatan atau ketahanan dari bahan yang satu ini.

Pintu, jendela, maupun bagian rumah lainnya yang terbuat dari bahan aluminium akan lebih kuat dan tahan lama. Tentunya, kamu juga harus membelinya di tempat yang tepat dan yang terpercaya.

2. UPVC
Pernah mendengar istilah UPVC? UPVC merupakan singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride yang merupakan bahan turunan plastik yang sebelumnya sudah mengalami serangkaian proses sehingga sifat plastiknya hilang. Alasan menggunakan bahan UPCV karena bahan ini ramah lingkungan.

Pemasangan pintu folding UPVC dari bahan UPVC biasanya dipilih untuk rumah-rumah yang berada di iklim tropis, termasuk Indonesia. Biasanya pintu UPVC dipasang juga di hotel, ruko, apartemen, dan lain sebagainya.

3. Kayu
Sebelum ada bahan-bahan seperti aluminium, UPVC, dan besi, kayu sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk pembuatan rumah dan perlengkapannya. Bahan kayu memang memiliki tingkat ketahanan yang baik. Selain itu, banyak juga model atau desain yang bagus dibuat dari bahan kayu.

Akan tetapi, untuk membantu mengurangi penggunaan kayu yang semakin massive, maka sekarang orang-orang lebih memilih menggunakan bahan selain kayu. Akan tetapi, untuk orang-orang yang mengedepankan nilai artistik dan klasik, tetap akan memilih kayu sebagai material terbaik untuk rumah mereka.

Cek juga produk Pintu Geser kaca Minimalis : Pintu Geser Kaca

Model / Desain Pintu Lipat Kaca

Pintu Lipat Aluminium

1. Model pintu lipat kaca transparan

Seperti yang sudah kami sebutkann bahwa salah satu fungsi dari pintu folding kaca adalah sebagai pemisah antara satu tempat atau satu ruangan dengan ruangan yang lainnya. Kita bisa memilih apakah sekat tersebut membuat kita tidak bisa melihat bagian ruangan yang lain, atau hanya sebatas pemisah saja.
 
Jika hanya digunakan sebagai pemisah, maka pintu lipat transparan bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan begitu, kita masih bisa melihat bagian ruangan lain yang dipisah.
 

2. Model pintu lipat kaca tanpa frame

Pintu lipat tidak selamanya harus menggunakan frame. Jika ingin memiliki pintu lipat yang berbeda dibandingkan desain atau model pada umumnya, maka kita bisa memilih model pintu yang satu ini. Selain berfungsi sebagai penyekat antar ruangan, pintu lipat tanpa frame akan memberikan tampilan yang lebih menarik dan elegan bagi siapapun yang melihatnya.
 

3. Model pintu lipat kaca bermotif
Model pintu kaca lipat yang ketiga adalah pintu kaca yang memiliki motif. Biasanya merupakan pintu lipat kaca yang terbuat dari bahan kayu. Untuk motifnya sendiri bisa bermacam-macam, tergantung selera kita ingin memilih yang mana. Dengan memasang pintu lipat bermotif, maka akan memberikan kesan klasik dan artistik untuk bagian interior rumah kita.

Keunggulan Pintu Folding Glass

Pintu Lipat Aluminium

Beberapa keunggulan pintu Folding Glass dibandingkan pintu yang lainnya antara lain:

  • Bukaan Lebih Lebar dibandingkan jenis pintu lainnya.
  • Cocok digunakan untuk penyekat ruangan seperti ruang keluarga ke area taman belakang.
  • Ketika Pintu dibuka tidak banyak memakan area, karena daun pintu digeser ke area samping.
  • Dengan menggunakan kaca, anda dapat melihat pemandangan luar ruangan dengan jelas.

Gallery Proyek Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat