Menu Close

Jendela Casement Aluminium

Apa itu jendela casement aluminium? jendela casement merupakan jendela yang menempel di kusen jendela dengan engsel casement yang ada di sisi kanan maupun kiri frame-nya. Jendela yang satu ini memiliki sebuah pegangan cam latch yang berfungsi untuk menyembunyikan skrup. Dengan begitu, maka jendela casement dapat dibuka dan ditutup dengan cara yang sederhana.

Hal inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari jendela casement. Perlu kamu tahu bahwa jendela ini dapat dibuka hingga 90 derajat. Jadi, kamu tidak akan kesulitan ketika membersihkan jendela casement aluminium bahkan ketika kamu harus membesihkan pada sudut yang sebenarnya cukup sulit dijangkau.

Anda dapat membersihkan kaca jendela bagian luar dengan cara membuka jendela 90 derajat, kemudian anda cukup membersihkan bagian depan kaca melalui celah pada bagian samping jendela. Contoh seperti gambar dibawah ini:

Engsel casement

Dengan fitur yang ada pada jendela ini, maka tidak heran jika sekarang banyak orang yang lebih menggunakan casement aluminium dibandingkan dengan jendela yang lainnya. Terlebih lagi dengan bahan aluminium yang kita kenal sebagai salah satu bahan yang kuat dan tahan lama.

Yang lebih menarik lagi jika jendela memakai engsel casement jendela tidak akan terlihat memakai engsel jika dalam keadaan tertutup. Hal ini menambahkan kesan minimalis dan keren, karena jendela pada umumnya pasti terlihat engselnya pada bagian samping.

Tapi engsel casement juga ada kekurangannya yaitu ukurannya yang tidak boleh terlalu besar dan tinggi jendela juga terbatas.

Pemakaian Jendela Casement Aluminium

Untuk pemakaian jendela casement  sebenarnya lebih terkenal dari sistem bukaannya. Jika diperhatikan memang sistem bukaannya memiliki kemiripan dengan yang dimiliki oleh jendela swing. Akan tetapi, jika kamu perhatikan lebih dalam maka kamu akan tahu bahwa sebenarnya sistem bukaan yang dimiliki oleh jendela casement aluminium lebih baik dibandingkan dengan jendela swing.

Mengapa? Karena sistem bukaannya tidak akan mudah tertitup angin. Jadi, jendela ini akan tetap kokoh meskipun pada waktu itu kondisi angin sedang kencang. Kemudian untuk engsel yang dimiliki oleh jendela casement tersumbunyi. Jadi, pencuri akan kesulitan membongkarnya. Namun memang pemakaian dari jendela casement aluminium dibatasi oleh beban yang bisa ditahan engselnya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan jendela casement aluminium, maka kami sarankan untuk tidak menggunakan kaca yang terlalu besar. Hal ini bisa berpengaruh terhadap ketahanan engselnya yang dikhawtirkan nanti bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, penggunaan jendela casement  hanya untuk kusen jendela saja. Jadi, jangan pernah menerapkannya sebagai bukaan untuk pintu. Alasannya karena sistem bukaannya hanya 90 derajat sementara untuk pintu harusnya lebih dari itu.

Model / Desain Jendela Casement Aluminium

Sebenarya ada dua model atau desain jendela casement aluminium terkenal dan memang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan jendela casement aluminium dibandingkan jenis jendela yang lainnya.

1. Model Jendela Casement single

Jendela Swing Aluminium

Desain jendela yang pertama adalah jendela single leaf atau satu daun jendela. Untuk kuran jendela satu daun ini perkiraan lebar sekitar 500 – 1000 mm, sedangkan tingginya sekitar 500 – 2000 mm.

Kenapa tidak lebih dari 200 cm ..?

Sebab beban yang terlalu berat akan mempengaruhi fungsional dari engsel casement tersebut. Untuk jendela diatas 200 cm sebaiknya menggunakan engsel kupu-kupu.

Engsel kupu-kupu ini juga terlihat bagus karena warnanya disesuaikan dengan warna jendela dan ukuran yang terlihat juga tidak terlalu besar. Untuk kekuatannya sendiri tidak perlu diragukan sebab kami memberikan garansi untuk aksesoris.

2. Model Jendela casement Double

Jendela Swing Aluminium

Desain kedua dari jendela casement adalah jendela aluminium double leaf atau dua daun jendela. Model jendela dua daun ini banyak dipakai untuk ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dll.

Ukuran yang cocok untuk jendela dua daun ini lebarnya sekitar 1000 – 2000 mm, sedangkan tingginya sekitar 500 – 2000 mm.

3. Jendela Jungkit Aluminium casement

Selain jendela swing aluminium jendela jungkit juga dapat memakai engsel casement lho..,

Modelnya sama seperti desain diatas ada yang satu daun, dua daun, tiga daun dan masih banyak lagi modelnya.

 

Karena menggunakan bahan aluminium arsitek bebas mendesain jendela sesuai kreasi sendiri akan tetapi tetap mempertimbangkan aspek fungsional dan teknisnya.

Sebab desain yang bagus jika tidak bias dibuat secara teknis akan percuma. Maka dari itu perlunya pemahaman produk.

Keunggulan Jendela Casement Aluminium

Setelah kamu tahu pengertian, model, dan pemakaian dari jendela casement , maka berikut ini kami akan menjelaskan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh jendela ini sehingga membuatnya menjadi jendela yang banyak digunakan.

Tahan terhadap angin

Kelebihan yang pertama dari jendela casement adalah mampu tahan terhadap angin. Memang desainnya dirancang secara khusus sehingga meskipun pada waktu itu kondisi angin sedang kencang, akan tetapi jendela ini akan tetap berdiri kokoh.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir meskipun di tempatmu angin bertiup lebih kencang dari biasanya. Jendela ini tidak akan baik-baik saja sehingga memberikan rasa aman bagimu dan keluargamu.

Dapat meredam suara bising

Perkembangan jendela casement  memang semakin maju. Hal ini dibuktikan dengan keunggulan terbaru dari jendela yang satu ini yang ternyata mampu meredam suara bising. Mengapa jendela ini mampu meredam suara bising? Karena dibuat dengan tingkat kerapatan yang tinggi. Dengan begitu, suara yang berasal dari luar maupun dalam rumah akan diredam sehingga tidak sampai mengganggu tetangga.

Memiliki sistem keamanan yang baik

Kunggulan jendela casement  yang terakhir adalah terkenal karena memiliki sistem keamanan yang baik. Jendela ini konon sukar dibongkar karena sebenarnya hanya bisa dibuka dari dalam. Jadi, pencuri akan sangat kesulitan membuka jendea ini dari luar dan bisa dikatakan mustahil jika tidak melakukan cara-cara yang ekstrem. Kalau hanya sekedar dicongkel dari luar sudah pasti jendela casement aluminium akan tetap tidak bisa dibuka.

1 Comment

  1. Pingback: Jendela Geser Aluminium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat